fajri asahi Hanya Manusia Biasa

Cara Partisi Hardisk Windows 10

1 min read

Cara Partisi Hardisk Windows 10

Cara Partisi Hardisk Windows 10 – Setelah Anda berhasil menginstal Windows 10 di komputer Anda, langkah Anda berikutnya adalah membuat partisi pada hard disk drive sehingga Anda dapat memanfaatkan ruangnya dengan lebih efisien.

Cara terbaik untuk membuat partisi di Windows 10 adalah menggunakan snap-in “Disk Management” bawaan sistem operasi atau dengan bantuan alat baris perintah “DISKPART”.

Cara Partisi Hardisk Windows 10

Artikel ini menunjukkan bagaimana Anda dapat dengan mudah membuat partisi menggunakan snap-in “Disk Management” saat menggunakan Windows 10. Cara Partisi Hardisk Windows 10

Baca Juga : Cara Screenshot Windows 10

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke PC Windows 10 Anda dengan akun administrator. (Proses membuat partisi memerlukan hak administratif di komputer).
  2. Setelah masuk, klik ikon File Explorer dari taskbar.
  3. Dari panel kiri (panel navigasi) dari jendela File Explorer yang dibuka, klik kanan PC ini.
  4. Dari menu konteks, klik Kelola.
  5. Pada snap-in Manajemen Komputer yang dibuka, dari panel kiri, klik untuk memilih Manajemen Disk dari dalam kategori Penyimpanan.
  6. Dari panel kanan, klik kanan area yang tidak dialokasikan pada hard disk drive tempat Anda ingin membuat partisi. Catatan: Jika Anda telah menetapkan keseluruhan ruang hard drive untuk drive C: pada saat menginstal Windows 10, tidak akan ada ruang yang tidak terisi tersisa di dalam hard disk drive. Jika ini terjadi dan Anda masih ingin membuat partisi baru, Anda harus menyusutkan drive C: dengan mengklik kanannya, memilih opsi Shrink Volume, dan mengikuti petunjuk di layar untuk mengosongkan sebagian ruang dan untuk mendapatkan area yang tidak dialokasikan .
  7. Dari menu konteks, klik Buat Volume Sederhana.
  8. Pada halaman pembuka kotak New Simple Volume Wizard, klik Next.
  9. Pada halaman Tentukan Ukuran Volume, di bidang Volume sederhana yang tersedia di MB, tentukan jumlah ruang yang ingin Anda tetapkan untuk partisi baru ini. (Pastikan untuk menentukan ruang dalam megabita – mis., 10240 MB untuk 10 GB. 1 GB = 1024 MB.)
  10. Klik Next untuk melanjutkan.
  11. Pada halaman Tetapkan Huruf atau Lintasan Drive, biarkan semuanya seperti itu untuk kesederhanaan, dan klik Next. (Jika Anda adalah pengguna tingkat lanjut, Anda dapat memilih huruf drive pilihan Anda dari daftar yang tersedia. Tetapkan daftar drop-down huruf drive berikut.)
  12. Pada halaman Format Partition, pilih pengaturan preferensi Anda. (Jika Anda tidak yakin harus memilih apa, biarkan pengaturan default tetap ada.)
  13. Klik Next untuk melanjutkan.
  14. Pada halaman Menyelesaikan Wisaya Volume Sederhana Baru, klik Selesai untuk membuat partisi baru di hard disk drive.

Baca Juga : Cara Membersihkan Cache 2020

Setelah partisi dibuat, Anda dapat mulai menggunakannya secara normal.

Catatan: Windows 10 dapat meminta Anda untuk memformat partisi baru setelah partisi dibuat.

Baca Juga : Cara Membuat WA Transparan Tanpa Aplikasi

Demikianlah Petunjuk Cara Partisi Hardisk Windows 10 dari Coolpad Phone Semoga bermanfaat.

Share Kepada Teman Anda
fajri asahi Hanya Manusia Biasa