fajri asahi Hanya Manusia Biasa

Cara Cek Spesifikasi Komputer

4 min read

Cara Cek Spesifikasi Komputer

Cara Cek Spesifikasi Komputer – Jika Anda yang baru mengenal PC atau ingin bermain PC, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri mengapa saya perlu tahu spek Pc saya? Nah itu pertanyaan yang bagus dan berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda mungkin perlu tahu.

Anda mungkin ingin meningkatkan PC Anda dan Anda perlu tahu apa spesifikasi Anda saat ini sehingga Anda dapat memilih upgrade yang relevan. Atau mungkin Anda ingin menjual PC Anda dan Anda perlu mengetahui spesifikasi untuk iklan Anda.

Cara Cek Spesifikasi Komputer

Ada banyak alasan, tetapi apa pun alasannya, memeriksa spesifikasi komputer Anda sebenarnya adalah tugas yang relatif mudah dan kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana persisnya.

Berikut ini adalah tutorial langkah demi langkah tentang cara memeriksa semuanya mulai dari kecepatan CPU hingga memori yang Anda miliki dan semua yang ada di antaranya. Cara Cek Spesifikasi Komputer

Memeriksa CPU dan kecepatannya

Hal pertama yang ingin diketahui kebanyakan orang ketika melihat spesifikasi komputer adalah apa yang dikatakan prosesor (CPU) dan untungnya bagi kita komputer adalah salah satu bit informasi termudah yang ditemukan.

Jika Anda menjalankan windows 10, Anda hanya perlu mengklik mouse 2 kali dari informasi ini. Untuk menemukan CPU apa yang dimiliki komputer Anda cukup lakukan hal berikut:

  • Klik kanan tab windows di sudut kiri bawah desktop Anda
  • Di menu yang muncul, pilih dan klik ‘Sistem’
  • Di bawah Specifications Spesifikasi Perangkat> Prosesor ’Anda akan melihat daftar persis apa CPU di komputer Anda

Salah satu hal termudah untuk memeriksa di komputer mana pun.

Memeriksa GPU yang Anda miliki

Setelah mengetahui CPU mana yang digunakan banyak komputer, Anda tentu ingin mengetahui GPU (Graphics Processing Unit) mana yang dimiliki komputer juga.

Baca Juga : Cara Instalasi Windows XP

Anda akan senang mengetahui bahwa mencari GPU semudah menemukan CPU yang Anda miliki. Namun Anda perlu membuat 1 klik tambahan. Untuk menemukan GPU yang dimiliki komputer Anda, lakukan saja hal berikut:

  • Seperti sebelumnya, klik kanan ikon windows di sudut kiri bawah desktop Anda
  • Pada menu yang muncul klik tab ‘Device Manager’
  • Di ‘Pengelola Perangkat’ klik panah ‘>’ di sebelah ‘Tampilkan adaptor ‘
  • Di bawah drop down Anda akan melihat GPU yang digunakan komputer Anda.

Sekali lagi, tugas yang sangat sederhana. Namun, yang perlu disebutkan adalah bahwa

beberapa orang mungkin mengalami 2 opsi di bawah tab drop-down ‘display adapter’ dan ini tidak perlu dikhawatirkan. Jika demikian, maka PC Anda memiliki grafik terintegrasi dan kartu grafis yang berdiri sendiri.

Bukan hal yang buruk.Yang Anda cari adalah kartu grafis khusus yang akan menjadi lebih kuat dari 2, dan yang digunakan komputer Anda untuk memproses grafik. Ini biasanya akan menjadi opsi ke-2 dari 2.

Jika PC Anda menjalankan CPU Intel maka Anda kemungkinan memiliki grafik terintegrasi dan biasanya ‘Intel HD graphics 400’. Semua ini berarti, bersama dengan GPU Anda yang sebenarnya, CPU Anda memiliki unit grafis bawaan sendiri.

Ini akan selalu kurang kuat dibandingkan dengan GPU mandiri Anda.GPU Anda adalah apa yang Anda inginkan ketika mendaftarkan PC Anda atau meningkatkan dan biasanya akan ada beberapa variasi NVIDIA Geforce GTX 950.960, 1050, 1070, 1080 dan sebagainya.

Jika AMD, maka itu akan menjadi beberapa bentuk Radeon R 3-9.

Memeriksa motherboard yang Anda miliki

Sekarang kita masuk ke tanah yang sedikit lebih sulit, masih sangat dapat dicapai, hanya sedikit lebih halus dalam hal apa yang Anda cari dan bagaimana menuju ke sana.

Jika Anda memiliki PC maka cara paling sederhana dan lebih mudah untuk memeriksa adalah membuka komputer Anda dan melihat motherboard itu sendiri di mana ia akan memiliki kedua merek dan nomor model. Mudah.

Kecuali Anda memiliki motherboard yang tidak jelas, Anda akan menemukan ASUS, Gigabyte atau MSI, yang merupakan nama merek, ini biasanya diikuti oleh serangkaian angka dan huruf yang merupakan nomor model untuk MB Anda.

Jika Anda mencari untuk meng-upgrade atau menjual PC Anda maka ini adalah info sebanyak yang Anda perlukan tentang itu.

Namun jika Anda tidak terbiasa dengan merek motherboard populer dan tidak cukup memahami angka dan huruf yang menentukan chipset Anda mungkin akan merasa lebih mudah mengikuti rute ke-2 ini.

Untuk menemukan Motherboard apa yang dimiliki komputer Anda, cukup lakukan hal berikut:

  • Di tab pencarian windows, ketik ‘Informasi Sistem’ dan tekan enter
  • Di sebelah kiri kotak Informasi Sistem sorot tab summary ringkasan sistem’
  • Dalam daftar di sebelah kanan, cari ‘Pabrikan Alas Tiang’ Model Model Alas Tiang ’dan‘ Nama Alas Tiang ’yang memberi Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang motherboard Anda

Sayangnya untuk beberapa informasi yang Anda temukan di tab ini akan tampak sedikit asing. Sederhananya, pabrikan Baseboard adalah merek motherboard.

Model Baseboard harus menunjukkan nomor model (nomor chipset) yang berguna untuk mengetahui apakah Anda dapat meningkatkan perangkat keras tertentu atau tidak.

Baca Juga : Cara Menghapus Windows Old

Patut dicatat, pada MB yang lebih lama, bagian ini dapat mengatakan ‘tidak tersedia’ dan jika demikian, Anda harus melihat MB itu sendiri secara fisik. Akhirnya, Nama Alas Tiang hanyalah bagaimana MB muncul di sistem Anda. Tidak penting secara besar-besaran.

Memeriksa berapa banyak memori (RAM) yang Anda miliki

Jika Anda berpikir kesulitan setiap tugas meningkat dengan bagian mudah maka Anda akan sangat salah. Memeriksa RAM semudah memeriksa CPU, dan berada pada layar yang sama persis. Untuk menemukan RAM yang dimiliki komputer Anda, lakukan hal berikut:

  • Klik kanan tab Windows di sudut kiri bawah desktop Anda
  • Pilih Tab ‘sistem’ dari menu pop up
  • Di ‘sistem’ dan di bawah CPU Anda akan menemukan berapa banyak RAM yang digunakan komputer

Memeriksa seberapa besar Hard Drive Anda

Memeriksa hard drive Anda mungkin adalah hal termudah untuk menemukan sejauh spesifikasi. Sebagian besar sudah tahu cara melakukan ini tetapi untuk orang yang tidak ada di sini metode yang sangat sederhana untuk menemukan berapa banyak ruang yang tersisa.

Untuk menemukan berapa banyak Penyimpanan PC Anda cukup lakukan hal berikut:

  • Cukup buka folder dan klik tab ‘PC ini’ di sebelah kiri
  • Arahkan ke ‘Disk Lokal (C :)’ di mana ia akan mengatakan berapa banyak ruang penyimpanan Anda ditambah apa yang gratis
  • Klik kanan ‘Kunci disk (C :)’ dan pilih ‘properti’ jika diperlukan lebih banyak info

Sesederhana itu, jika Anda masuk ke properti, Anda akan melihat bagan yang menunjukkan ruang total dan ruang kosong.

Ini juga akan memberi Anda angka pasti untuk berapa banyak byte yang dimiliki penyimpanan Anda, tetapi pada dasarnya sama dengan apa yang Anda lihat di bawahnya Disk Disk Lokal (C 🙂 ’.

Jika Anda ingin mengetahui apakah HD Anda adalah SSD atau tidak, Anda dapat dengan mudah membuka defragment disk dan mengoptimalkan alat drive. Di bawah tipe Media itu akan memberi tahu Anda apakah itu Solid State Drive atau tidak. SSD lebih baik dari 2 jika Anda bertanya-tanya!

Setelah Anda mengetahui spesifikasi komputer Anda

OK, Anda telah berhasil sampai akhir dan yang harus dilakukan hanyalah memposting AD Anda secara online dengan spesifikasi PC yang baru ditemukan atau memutuskan apakah Anda ingin meningkatkan atau tidak sesuatu di PC Anda saat ini.

Jika memutakhirkan adalah rute yang ingin Anda ambil, pasti patut disebutkan bahwa itu tidak semudah mengeluarkan GPU Anda dan menggantinya dengan yang terbaru dan terhebat.

Semuanya harus bekerja selaras dengan PC, sehingga Motherboard harus dapat mengakomodasi GPU baru. Jika ya, bagus! Namun, apakah CPU cukup kuat untuk mendapatkan hasil maksimal dari itu?

Apakah Anda memiliki cukup RAM untuk menjalankan gim dan perangkat lunak yang dibeli dengan GPU? Apakah PSU cukup kuat untuk menjalankan GPU ??

Ini semua adalah pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri ketika berpikir untuk memperbarui perangkat keras di PC Anda.Demikian pula hal yang sama dapat dikatakan untuk CPU, RAM dan sebagainya.

Dengan mengetahui spesifikasi komputer Anda, Anda memiliki alat di sana untuk melakukan riset online untuk melihat bagian mana yang kompatibel atau Anda dapat berbicara dengan seseorang yang akan dapat merekomendasikan langkah terbaik berikutnya.

Baca Juga : Cara Capture Di Laptop Terbaru

Bagaimanapun Anda memiliki informasi yang Anda butuhkan untuk mencari tahu apa yang mungkin!Jika ini terdengar seperti pekerjaan yang terlalu banyak, mengapa tidak memeriksa artikel kami tentang pembuatan PC terbaik dan panduan kami untuk membangun PC.

Kami memiliki seluruh daftar bangunan fantastis yang menghilangkan stres dan pemikiran untuk melakukan penelitian independen Anda sendiri. Demikianlah Petunjuk Cara Cek Spesifikasi Komputer dari Coolpad Phone Semoga bermanfaat.

Share Kepada Teman Anda
fajri asahi Hanya Manusia Biasa

Kompres Foto

fajri asahi
3 min read

Radio Online

fajri asahi
4 min read

Nonton Drama Korea

fajri asahi
3 min read